Sabtu, 29 Oktober 2016

Random Journal's #4 Apa itu DEMOKRASI?

Judul Buku: Demokrasi dan Demokratisasi
Penagarang: Georg Sorensen


Demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat. Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu Demos yang artinya rakyat,dan kratos yang artinya pemerintah. Jadi, Demokrasi "pemerintahan oleh rakyat".
Plato mengkritik, demokrasi di Athena dihadapkan dengan kemerosotan kota,kota tersebut kalah dalam perang melawan Sparta.
Di Athena, demokrasi dianggap sebagai pemerintahan oleh mayoritas kaum miskin. Rakyat dapat melakukan apapun yang mereka inginkan tetapi penghormatan otoritas dalam keluarga,sekolah,atau tempat lainnya dianggap tidak ada. Plato berdalih bahwa hukum tidak akan dihormati tetapi akan dilihat sebagai serangan terhadap kebebasan rakyat. Situasi tersebut akan menimbulkan anarki dan kekacauan yang akan memberikan jalan buat tirani. Plato memberikan solusi bahwa pemerintahan harus dipimpin oleh orang bijak,terlatih,dan terpelajar yaitu para filsuf.
Perdebatan tentang demokrasi sempat terhenti dalam waktu yang sangat lama dikarenkan kemerosotan Athena. Dalam sistem Fedoal dan Abad Pertengahan,kekuasaan tidak diberikan kepada badan terpilih;kekuasaan didasarkan pada peringkat yang hanya tercapai melalui warisan atau dengan kekerasan. Berdasarkan pada masyarakat modrn muncul sebuah aliran pemikiran baru tentang demokrasi yang belum pernah muncul hingga abad ke-19.

Tidak ada komentar: